Asalamualaium wr. wb
Pada kesempatan kali ini admin akan memposting cara sederhana hemat BBM saat menggunakan sepeda
motor meskipun biaya pemakaian BBM untuk
kebutuhan sepeda motor sehari-hari sudah lebih hemat dibanding biaya
tranportasi dengan kendaraan umum. Sebenarnya sederhana tips
untuk lebih berhemat BBM saat menggunakan sepeda motor kita, tapi tips ini juga
bisa untuk pengguna mobil. Hal apa saja yang perlu dilakukan kita tanpa
mengeluarkan biaya alias murah, seperti dibawah ini:
- Melakukan perawatan rutin
- Periksa tekanan ban seluruhnya dan usahakan jangan terlalu rendah (kempes). Untuk keamanan, tekanan ban juga jangan terlalu keras. Untuk tekanan normal biasanya tertera dibuku panduan atau tanyakan pada pengisi anginnya.
- Bersihkan Saringan udara, dengan hanya ditiup angin bertekanan tinggi. Tujuan membersihkan saringan udara ini adalah agar disaat langkah pemasukan (hisapan piston), perbadingan bahan bakar dan udara yang masuk seimbang. Bila saringan udara kotor dan udara terhambat, maka pengaruhnya adalah kapasitas bahan bakar akan lebih besar.
- Sebelum penggantian minyak pelumas, jangan lupa memeriksa saringan minyak pelumas (oil filter) bila ada. Bila saringan minyak pelumas tidak pernah dibersihkan atau diganti, maka sirkulasi minyak pelumas akan terhambat dan akan menibulkan kerusakan akibat gesekan dari bagian-bagian yang berputar atau bergesekan.
- Jangan gunakan kenalpot balap ( racing muffler), cukup gunakan knalpot standar pabrikan. Kenapa knalpot racing lebih boros? Karena knalpot ini berjenis straight flow, yaitu gas buang langsung keluar keudara bebas lebih cepat dan tanpa hambatan. Akibatnya bila digunakan pada sepeda motor standar, BBM mennjadi boros dan engine mesin akan lebih panas. Periksa ketegangan rantai roda, jangan terlalu kendor atau terlalu keras
- Gunakan komponen standar pabrikan sepeda motor, terutama pada komponen roda
- tips ini tidak berlaku bagi sepeda motor yang telah dimodifikasi atau sepeda motor untuk balap.
- Memperhatikan cara mengemudi
- Tidak memaksakan engine (mesin) pada putaran (rpm) maksimal disaat perpindahan gigi mulai dari gigi satu hingga gigi terkahir Pengaruh buruk selain boros bahan bakar, perpindahan percepatan yang selalu dilakukan pada saat putaran engine maksimal (berteriak) adalah suatu hal yang memaksakan komponen-komponen engine yang berputar atau bergesek menjadi lebih berat dari kerja normalnya. Bisa dibayangkan pemborosan yang terjadi bila umur sepeda motor jauh lebih pendek dari pemakaian normal.
- Sesuaikan beban penumpang dengan aturan yang telah ditetapkan, sehingga eninge yang menjadi penggerak sepeda motor tidak melakukan kerja terlalu berat dan memerlukan lebih banyak BBM.
- Penambahan suplemen atau alat pada sistem bahan bakar sepeda motor
Pada tips terakhir ini sedikit
membutuhkan biaya untuk membeli alat tambahan atau suplemen yang akan dipasang
pada sistem bahan bakar sepeda motor. Untuk tips ini saya hanya ingin berbagi
satu suplemen yang sudah populer dan teruji bisa meningkatkan power output
tanpa melakukan modifikasi, yaitu penggunaan kapur barus. Suplemen itu adalah
kandungan napthalene pada kapur barus (kamper penghilang bau).
- Penggunaan kapur barus (kamper) yang aman adalah dibagian saringan udara, sehingga kandungan napthalene akan ikut terhisap oleh udara yang masuk ke dalam ruang pembakaran dan tidak melalui bagian-bagian yang mudah rusak pada sistim bahan bakar sepeda motor. Udara yang mengandung napthalene ini akan membuat proses pembakaran menjadi lebih mudah dan cepat, bahkan dipagi hari tidak diperlukan proses choke disaat menghidupkan engine (mesin) dalam keadaan dingin.
- Penggunaan kapur barus ini cukup diletakkan dibagian luar atau didalam ruang saringan udara, bisa dikat dengan perekat didekat saringan udara. Satu bungkus kecil kapur barus cukup untuk beberapa waktu, kemungkinan bisa digunakan hingga 1 bulan bila diletakan didalam ruang saringan udara (dibagian depan kawat saringan). Sekantong kapur barus kecil itu cukup diberi 3 lubang dengan jarum dan jangan terlalu besar, tujuannya adalah uap napthalene yang masuk tidak berlebihan dan kapur barus dapat digunakan lebih lama. Tips ini tidak disarankan pada jenis kendaraan (engine diesel), karena karakteristik bahan bahannya berbeda dengan premium.
Seluruh tips hemat BBM yang telah diuraikan diatas mungkin belum
sempurna, tapi mudah-mudahan penghematan yang akan didapat berkisar 20-30% dari
penggunaan bahan bakar. Tips ini juga berlaku pada penggunaan mobil.
Semoga bermampaat bagi agan2 yang pengen tau cara menghemat bahan bakar...
Silahkan sertakan komentar
gan.... Terima Kasih
@AHMAD AHYAR RASYID